Buku ini berisikan pengalaman penulis, teman-teman penulis, serta orang-orang lain dimana buku ini terdiri dari tips dan pedoman serta beberapa hal penting dan yang perlu pembaca ketahui di perkuliahan serta tips apa saja yang harus pembaca lakukan semenjak kuliah sebagai bekal agar setelah tamat nantinya tidak menganggur dan memperoleh kesuksesan karier. Selain itu ada kisah-kisah yang akan me…
Sistematikan penulisan buku ini diuraikan dalam duabelas bab yang memuat tentang konsep manajemen dan organisasi, teori organisasi, struktur organisasi, perilaku organisasi, budaya organisasi, dinamikan dan konflik dalam organisasi, komunikasi, kepemimpinan, motivasi, kinerja organisasi, manajemen sumber daya manusia, serta evaluasi dan pengendalian dalam organisasi.
Buku ini membahas tentang konsep dasar tata kelola perguruan tinggi; satuan pengawas internal; rencana kerja dan anggaran; Intellectual capital; budaya organisasi; pengandalian internal; dan good university governance.
Buku ini membahas tentang pengertian dari prilaku organisasi, dasar prilaku individu seperti emosi, suasanan hati kepribadian, persepsi dan motivasi, dasar prilaku kelompok seperti seperti komunikasi, kepemimpinan, memahami tim kerja, kekuasaan dan politik, konflik dan negoisasi, dasar struktur organisasi seperti budaya organisasi, kebijakan, perubahan organisasi dan manajemen stres.
Buku ini membahas model kepegawaian yang komprehensif, seperti model dan strategi kepegawaian, sistem pendukung kepegawaian (kepatuhan hukum, perencanaan, analisis pekerjaan dan penghargaan), sistem kepegawaian inti (rekrutmen, seleksi, dan pekerjaan), dan sistem kepegawaian dan manajemen retensi.